My Fish

Kamis, 22 Mei 2014

Beberapa Contoh yang Termasuk Kejahatan IT Perbankan

        Kejahatan cyber dalam dunia perbankan, ternyata mempunyai beberapa teknik, dan berikut ini adalah beberapa teknik yang digunakan dan termasuk kedalam golongan kejahatan IT perbankan :
  1. Carding :
       Carding adalah bentuk cyber crime yang paling kerap terjadi. Maka, tak heran jika dalam kasus credit card fraud. Indonesia pernah dinobatkan sebagai negara kedua tertinggi di dunia setelah Ukraina. Dan saat ini telah terjadi pergeseran pola carding. Kalau dulu mereka lebih mengincar barang-barang yang mahal dan langka, kini uang yang dicari.Kenapa Uang yang dicari ??? ya karean pada kasus ini pola carding sudah dilakukan berkelompok, dimana ada bagian yang melakukan carding dan mengambil uangnya, lalu mengirimkan ke sindikat carding internasional untuk dibelikan saham dan hasil dari keuntungan saham tersebut akan ditampung dalam satu buah rekenig, dan dari rekening ini lah akan ditrnasfer lagi ke berberapa rekening anggota sindikat carding tersebut.

  1. Skimmer
            Adalah suatu teknik kejahatan dengan melakukan penangkapan data pada magnetic strip. Teknik skimming ini dilakukan dengan penggunaan alat reader sekunder secara fisik untuk menangkap magnetic di belakang kartu kredit atau kartu debet.
 
  1. Sniffer 
         Sniffer adalah suatu aplikasi penyerang untuk melakukan pencurian ataupun penyadapan data. Data yang dimaksud tidak akan hilang secara fisik, namun akan disadap. Penyadapan ini sangat berbahaya, karena biasanya yang menjadi sasaran penyadapan ini adalah data-data penting seperti data pribadi (username, password, nomor authorisasi, dst), dan ibaratnya seperti kasus Man in the middle.
    Namun hal tersebut dapat dicegah dengan terlebih dahulu melakukan enkripsi data sebelum informasi atau data itu dikirimkan.Sehingga dengan teknik Enkripsi data Ini, Data yang dikirim lewat jaringan tidak dapat secara langsung dikenali dan dibaca oleh para sniffer.

  1. Phishing (personal information fishing)
         Phising , adalah tindakan memperoleh informasi pribadi seperti User ID, PIN, nomor rekening bank, nomor kartu kredit Anda secara tidak sah. Informasi ini kemudian akan dimanfaatkan oleh pihak penipu untuk mengakses rekening, melakukan penipuan kartu kredit atau memandu nasabah untuk melakukan transfer ke rekening tertentu dengan hadiah sebagai pancingannya.  
    Teknik ini dilakukan dengan segala ilmu informatika yang bisa dipelajari dan dapat dengan mudah ditemukan tutorialnya secara umum, sehingga hal inilah yang menjadi penyebab utama teknik phising untuk kejahatan IT perbankan banyak ditemui kasusnya.
 
  1. Typo Site
Modus kejahatan typo site ini terbilang cukup unik dan seringkali tidak disadari oleh korbannya. Caranya, pelaku membuat situs yang memiliki nama yang hampir serupa dengan situs resmi lainnya
 
 
 

 
 
 

0 komentar:

Posting Komentar