My Fish

Rabu, 14 Maret 2012

Apa itu Ensiklopedia ?

Ensiklopedia atau “Encyclopaedia” yang asal katanya dari bahasa Yunani (Greek), yaitu egkuklios, adalah cyclon, all round (siklus) dan paedia adalah education, knowledge (pengetahuan, widya).

Dengan demikian bahwa pengertian sederhana Encyclopaedia, ialah siklus ilmu pengetahuan atau ringkasan uraian ilmu pengetahuan.  Marilah kita perhatikan defenisi Ensiklopedia berdasarkan beberapa sumber.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Ensiklopedia, ialah karya universal yang menghimpun uraian tentang berbagai cabang ilmu atau bidang ilmu tertentu dalam artikel-artikel terpisah dan tersusun menurut abjad (pengetahuan luas).

Menurut Kamus Pelajar Bahasa Malaysia
Ensiklopedia, ialah buku yang berisi keterangan ringkas dan tepat tentang berbagai ilmu pengetahuan yang disusun  menurut abjad atau memuat cabang ilmu.

Menurut The Pocket Oxford Dictionary
Encyclopaedia : book or set of books giving information onmany subjects, or many aspects of one subject (of knowledge or information/comperehensive).

Dari defenisi Ensiklopedia tersebut diatas, kiranya dapat Anda simpulkan apa itu Ensiklopedia !

BUKU REFERENSI (REFERENCE BOOK)

Ensiklopedia, merupakan salah satu kelompok buku referensi selain dari kamus (dictionary), consice, companion, dll.  Secara umum Buku Referensi sering lebih dikenal dengan perkataan “ Buku Rujukan”.  Ada juga yang menyebutnya dengan Buku Panduan, Buku Acuan, Alat Bantu Cepat (Quick Help). Perbedaan Ensiklopedia dengan Kamus, ialah bahwa Kamus hanya semata-mata mengandung arti kata kaitannya dengan kebahasaan, sedangkan Ensiklopedia lebih luas kandungannya dimana ia memuat: artikel/topic, mengurai, mendefenisikan dan merangkai arti suatu artikel dari awal hingga akhir, baik penemuan suatu ilmu pengetahuan maupun peristiwa-peristiwa penting.



Sumber ;http://kabar-toraja.com/humaniora/pendidikan/1154

0 komentar:

Posting Komentar