My Fish

Selasa, 27 September 2011

Interaksi Manusia Komputer pertemuan 1 sesi 2

Sesi lanjutan pertemuan 1 (27-09-2011)

Paradigma dan Prinsip Interaksi.

* Sistem Interaktif : Menghasilkan user mencapai suatu tujuan tertentu dalam suatu domain aplikasi.

Sistem Interaktif harus didayagunakan (usability) untuk meningkatkan keberhasilan suatu aplikasi.

Paradigma : Sistem interaktif yang berhasil/sukses yang diperoleh dan usaha eksplorasi dan kreativitas rancangan yang dibuat.

Jenis-jenis paradigma :
- Time sharing
- Video Display Unit
- Programming Toll Kits
- Komputer Pribadi
- Sistem Windows dan Interface WIMP
- Metapora
- Manipulasi Langsung
- Bahasa vs Aksi
- Hypertext
- Multi Modality
- Computer Support cooperative work


Prinsip yang mendukung Pendayagunaan ;
* Learnability : Kemudahan yang memungkinkan user baru berinteraksi secara efektif dan dapat mencapai performance yang maksimal
* Flexibility : menyediakan banyak cara bagi user dan sistem untuk bertukar informasi
* Robustness : tingkat dukungan yang diberikan agar dapat menentukan keberhasilan yang diinginkan.

Interaksi Manusia Komputer pertemuan 1Interaksi Manusia Komputer pertemuan 1

Pertemuan 1 (27-09-2011) Rangkuman.

Referensi ;
1. P.Insap Santoso, Interaksi Manusia & Komputer ; teori dan Praktek, Andi Offset Yogyakarta, 1997.
2. Perancangan Antar Muka untuk IMK, Teddy Markus Zakaria & Agus Prijono, Informatika, Bandung

Tujuan ;
- Memahami Manusia sebagai Sumber daya terpenting dalam Membangun Sistem.
- Memahami konsep awal sistem interaktif


Apa itu IMK ?
- Penerapan sistem dengan baik dan efektif.
- faktor Manusia termasuk dalam masalah yang akan dibahas dan juga akan banyak lagi masalah yg kognitif.
- interaksi antara Manusia dengan Sistem.

Interaksi + Informasi = Interaksi manusia-manusia - mesin teknologi komputer.

Siapa yg terlibat dalam IMK ?
- IMK adalah subjek Multidisiplin.
- Pendesainan suatu sistem yg interaktif terdiri ;
* Psikologis & kognitif
* Ergonomi
* Sosiologi
* Ilmu dan Rekayasa / Teknik Komputer
* Bisnis
* Desain Grafik
* Teknik penulisan

IMK dalam konteks kerja,

- Desain ; seorang programmer harus bsa membuat sistem yg interaktif menurut saran/pemikiran user.
- Evaluasi ; seorang programmer hrus menguji sistem yg telah dibuat.
- Implementasi ; Program yg telah selesai harus di implementasikan kepada sistem yg telah dibuat.

Tiga Kata yang digunakan untuk mendapat keberhasilan ;
* Useful (berguna) : dapat menyelesaikan apa yang dibutuhkan.
* Usable (dapat digunakan) : dapat dikerjakan dengan mudah.
* Used (digunakan) : membuat user dapat menggunakannya.